Dec 13, 2008

Redouble your effort

What I'm getting at, friends, is that you should simply keep on doing
what you've done from the beginning. When I was living among you,
you lived in responsive obedience. Now that I'm separated from you, keep it up.
Better yet, redouble your efforts. Be energetic in your life of salvation,
reverent and sensitive before God. (Phil 2:12 MSG)

At the beginning, it was a SALVATION. But Salvation is in three tenses; salvation in the past (titus 3:5), salvation in the present (1 cor 15:2) and finally salvation in the future (rome 5:9)

Pada mulanya, Tuhan tawarkan keselamatan untuk setiap orang, mungkin terdengar murah bagi kita yang menerima, namun sangat mahal untuk Dia yang memberikannya. Hidup tidak berhenti setelah keselamatan kita terima, ada part kita untuk meresponi keselamatan. Keselamatan adalah titik nol, titik awal, dan bukan titik akhir. Salvation is our starting point, it means that we dont just stop after we got save? Rite?

Back to the verse Phil 2:12 "...Tetaplah kerjakan keselamatanmu..." Versi message bible di atas cukup menarik untuk dibahas dan direnungkan dan tinggal diaplikasikan saja dalam hidup kita. Well, i know praktek lebih rumit daripada teori, hehe.. but stay put, and press on.

Let see two point that i want to share from that verse:
1. Be energetic in your life of salvation
Being a wife, sekaligus a friend dan juga mentor, ibu rohani, dan juga ibu buat Max (my 5 month baby) dan sekaligus as a woman, and who also a pastor .. i tell you its not easy. Man, i tell you its hard but i enjoy every minute of it and every process in it. I tell you, tidak ada pekerjaan dan kehidupan yang lebih melelahkan selain ini. Its true.

But you know what, instead of my hectic days including go to saloon, hobby time, shopping time, etc etc ada satu hal yang pasti yang tidak boleh terlewat, yaitu: MAKAN. Three times a day. Makanan di dalam tubuh kita menghasilkan energi untuk saya bergerak dan beraktifitas daily.

AND .. same thing with our christianity, our spiritual man need FOOD. Makanan rohani yang masuk akan menghasilkan energi untuk kita. FOOD -- ENERGY -- ENERGETIC.

There is no other way, we must eat something! To be energetic in our life of salvation, we need the energy that comes out from spiritual food; word of God.
Semua orang pasti makan, kecuali lagi puasa, rite? Semua orang mengalami yang namanya rutinitas makan. Everybody say not too loud: Rutinitas.
Rutinitas itu perlu. Everybody say again a bit loud now: Rutinitas itu perlu.

Peeps, eating is essentials. Makan itu esensi dan penting, tapi kalo tiga kali sehari makan nasi goreng bosen ya? ya jangan dong. banyak makanan lain maksudnya.
So let me say this, Word of God is essentials. Lets make every moment counts; Find some fresh air to meet God, find some other way to found and to be found by Him. Try a new idea where to read your bible, have some sermon listening or watch some sermon video to variate your journey of EATING the WORD of GOD. Everybody say: Amen.

2. Sensitive before God
Sensitif terhadap Tuhan of course membutuhkan hubungan or 'fellowship' with Him. Let me come up with the words: YOU MUST HAVE THE FELLOWSHIP WITH THE HOLY SPIRIT. Kita perlu menjadi super sensitif terhadap suara Roh Kudus. And its mustahil tanpa kita miliki fellowship dengan Dia.

Suara hati kita, suara orang lain, dan suara iblis jelas membuat hidup kita berat dan berantakan, tapi suara Roh Kudus menuntun kita membawa kita untuk menjadi penuh.
Yohanes 10:27 berkata Domba-dombaku mendengarkan suaraku dan Aku mengenal mereka dan mereka mengikut Aku...

Roh Kudus menghidupkan segala sesuatu (John 6:63). Holy Spirit is our councelor. Yesus bahkan berkata "..adalah lebih berguna bila Penolong itu datang.." (bukan berarti mengesampingkan Yesus dan Bapa, They're are ONE in all and ALL in one actually)
Come on, bangun fellowship dengan Roh Kudus through the word of God and linger in. Listen to His voice, one day you will know and sensitive to His voice.

Closing:
Two point have been shared; dua point yang sederhana dan keduanya bahkan point sebab-akibat juga. Ketika kita melakukan point yang pertama dengan setia, pasti akan menghasilkan point yang kedua. But before we ended, lets read again Phil 2:12. Ada kata yang saya ingin beri highlight karena ini kerennn banget. Temukan, lihat, dan baca kata kata "REDOUBLE YOUR EFFORT".

Wow. i suddenly loves this words. Banyak dari kita telah melakukan dua point yang kita sama-sama sudah baca lagi dan lagi dan lagi. Namun untuk point clossing ini mungkin belum ada, dan tidak akan pernah ada .. karena sampai selevel apapun kita telah menjadi orang yang energetic dan sensitive, dont forget the last outstanding orders for us: REDOUBLE YOUR EFFORT again!! Read loud to your ear: Redouble your effort! Redouble your effort!

That will never end just like our journey as long as we live on earth, lets be energetic in our live of salvation and be sensitive before God and lets redouble our efforts.



0 comments:

Post a Comment